Penelitian Usaha Kecil “Bakso Keliling”

  1. A. Latar belakang pemilihan judul

Di zaman sekarang ini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis tidak mesti besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) pun sudah dapat mengurangai jumlah pengangguran di zaman sekarang ini. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia salah satunya adalah tukang bakso keliling.

Pedagang bakso keliling adalah seorang yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling di perumahan atau di perkampumgan.Pedagang bakso keliling menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak yang terbuat dari besi dan sebagian dari kayu dan kemudian pedagang bakso tersebut mendorong gerobaknya.

Menurut dari hasil pengamatan saya selama ini di masa yang modern ini atas banyaknya konsumen yang menyukai atau menggemari berbagai hal yang cepat saji, salah satunya yang paling banyak di gemari oleh konsumen adalah makanan yang serba instant. Maka di masa ini banyak sekali seorang produsen atau pedagang yang menjual makanan yang cepat saji atau bisa disebut juga makanan yang instant.

Hal ini sangat berhubungan dengan dunia bisnis. Maka pada penelitian ini saya akan membahas mengenai bisnis berjualan Bakso. Dan sebagai contohnya saya mengambil cerita atau sejarah dari sebuah penjual bakso keliling yang ada di dekat rumah saya yang di beri nama Bakso keliling kenapa saya memilih judul Bakso keliling karena banyak kalangan masyarakat mengemari makanan tersebut dari kalangan atas maupun  kalangan bawah.

B. Pembatasan Masalah

Tempat dan Jenis

lokasi pembuatan bakso ini di kawasan ciledug-Tangerang   tepatnya di lembang dan saat berjualan Bakso keliling memilih rute diperumahan Purikartika Baru – Purikartika Lama dan Maharta. Daerah ini dinilai cukup banyak yang menggemari Bakso keliling.

Sungguh dasyat Bakso Kepala Sapi yang berasal dari ciledug. Dengan rasa yang luar biasa, Bakso Kepala Sapi bisa menjadi wisata kuliner baru di Ciledug. Sebab, bakso ini satu-satunya yang telah lulus uji MUI dan Dinas Kesehatan.

Dikatakan Black Wly, Bakso Kepala Sapi sudah tidak asing lagi di telinga warga purikartika dan sekitarnya. rasa bakso yang dihadirkan memang berbeda dari yang pernah ada.

Hadirnya Bakso Kepala Sapi merupakan cara baru mengonsumsi bakso yang aman dan sehat. Rendah kolesterol, bebas borak, formalin, serta bahan kimia lain yang merugikan kesehatan. Bakso ini telah mendapat sertifikat halal dari LP POM MUI No. 070 1000 5150 907. Bersertifikat P-IRT Depkes RI No. 201357812854-201357852854 dengan merek terdaftar Dephum RI No. 2007015396. Higienes, disajikan dari bahan kualitas super.

”Bakso Kepala Sapi lebih nikmat dikonsumsi tanpa saos dan kecap. Merupakan bakso tradisional yang dikelola secara managemen moderen. Dengan bahan baku daging sapi, dan komponen-komponen dari kepala sapi yang mengandung protein tinggi. Seperti-tulang-tulang muda yang terdapat di kepala sapi,” jelasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat ciledug, dido yang juga salah satu staf direksi PT RPH mengatakan dirinya yang pecinta bakso baru kali ini merasakan bakso yang nikmat dan khas sekali dagingnya.

Hal yang sama juga diungkapkan pada masyarakat sekitar. Rasa Bakso Kepala Sapi nikmat, rasa daging di baksonya terasa dan ternyata lebih enak tanpa kecap dan saos.

”Bakso Kepala Sapi lebih nikmat dikonsumsi tanpa saos dan kecap. Merupakan bakso tradisional yang dikelola secara managemen moderen. Dengan bahan baku daging sapi, dan komponen-komponen dari kepala sapi yang mengandung protein tinggi. Seperti-tulang-tulang muda yang terdapat di kepala sapi,” jelasnya.

Nah, Anda penasaran dengan Bakso Kepala Sapi, sekarang juga kunjungi ciledug khususnya di purikartika dan sekitarnya.Ajak teman, saudara, atau keluarga Anda. Untuk menikmati bakso yang aman, dan sehat. Harganya cukup ekonomis, berkisar Rp6.500-Rp13.000 per porsi. Satu mangkuk bakso porsi standar, Anda bisa menikmati bakso, pangsit, somay dan tahu ini. Anda juga bisa menikmati bakso goreng di gerai Bakso Kepala

Kegiatan       : Waktu Operasional Waktu operasional direncanakan mulai pukul 9.00 hingga pukul 21.00. Waktu dapat berubah-ubah dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Prosedur operasional yang menjadi fokus atau hambatan utama di dalam usaha duplikasi ini adalah sumber daya manusia, karena setiap orang mempunyai pembawaan karakter, psikologis, emosional yang berbeda-beda.
Oleh karena itu dibutuhkan tenaga yang cukup besar untuk memanage atau mengontrol karyawan yang cukup banyak.
Jarak tempuh dari tempat tinggal hingga tempat usaha kurang lebih  300 meter, yang tidak memunkinkan untuk gerobak beroperasional dimulai dari tempat tinggal karyawan.
Oleh karena itu, gerobak akan ditinggal atau dititipkan di lokasi dimana gerobak beroperasi atau dititipkan di warung warung yang telah dirundingkan untuk biaya sewanya setiap gerobak adalah 2.500,- /hari.
Pegawai akan diantar ke lokasi setiap jam 10.00 dan dijemput setiap jam 19.00.

C. Isi

Masyarakat tertarik pada bakso mempunyai alasan karena makanan bakso merupakan makanan kekayaan kuliner di Indonesia yang tidak kalah hebat dan dapat dijumpai disetiap pelosok tanah air maupun di luar negri. Makanan bakso ini sangat di gemari karena rasanya yang gurih dan lezat lebih enak lagi dikonsumsi dalam keadaan panas.

Bakso Sapi adalah satu makanan favorit di Indonesia. Sayangnya Krisis Moneter dan berbagai kenaikan harga barang yang melanda Indonesia membuat daya beli rakyat Indonesia menurun, termasuk pedagangnya.

Umumnya rakyat kalau harga bakso mahal tidak mau beli. Padahal harga daging sapi bisa mencapai Rp 60 ribu lebih. Dari satu resep di bawah saja minimal biaya untuk 1 porsi Bakso Rp 6.000. Belum termasuk mie segala macam.

Jajanan berbentuk bulat ini kian digemari di berbagai penjuru dunia. Rasa lezatnya menjadikan banyak orang ketagihan. Proses pembuatannya mudah sehingga siapa pun dapat melakukannya. Bahan dasar pembuatannya dapat berasal dari daging, ayam, udang, cumi, maupun ikan. Bahkan, untuk menambah gizi dan selera, bakso ditambahkan bahan tambahan lain, seperti keju, cokelat, sosis, dan sayuran sehingga semakin menarik.

Tak heran jika para pedagang Bakso banyak yang mencampur baksonya dengan daging babi bahkan daging tikus agar harga baksonya tetap terjangkau. Di TV Swasta diliput bagaimana seorang pedagang bakso mengaku memakai daging tikus untuk baksonya sambil dishoot satu ember penuh berisi daging tikus yang sudah dikuliti. Sementara para pembeli yang makan ketika diwawancarai kenapa makan bakso di sini, mereka menjawab karena rasanya amat lezat. “Dagingnya” begitu berasa.

Cara Membuat Bakso

Bakso Sapi khas menu jajanan di jakarta, cobalah membuatnya Bakso Sapi caranya mudah dan tidak kalah sedapnya.

Bahan:

Daging sapi giling 1/2 kg

Bawang putih 3 bh dihaluskan.

Tepung Sagu 50 gram

Garam secukupnya. (1 sdt)

Putih telur 1 bh

Sediakan:

Air panas/ mendidih 1 baskom

Air dingin/air es 1 baskom

Cara membuat BAKSO SAPI :

Campur semua bahan sampai teraduk rata dan tidak melekat.  dengan menggunakan tangan dan sendok.  Basahkan tangan dengan air, ambil campuran daging dengan tangan dan genggam dan keluarkan pencet ambil bulatan bakso dengan sendok dan celupkan ke air panas sampai mengapung lalu pindahkan ke air es selama 5 menit. Lakukan sampai semuanya selesai.

KUAH  KALDU:

Siapkan kuah kaldu sapi tambahkan bumbu garam, merica, dan gula.  Setelah didih masukan bakso sapi tadi dan masak sebentar daja.

Sajikan:  siapkan mangkok isi dengan bakmi atau bihun yang sudah direbus, tuangi kuah kaldu dan baksonya taburi seledri dan bawang merah goreng.

Mudah bukan:)

Penjualan

Disetiap unit operasi akan membawa kebutuhan untuk 55 mangkuk ( ini adalah kebutuhan awal yang sangat memungkinkan dikemudian hari jumlahnya meningkat seiring jumlah penjualan).

Quote

Biaya produksi
(bahan baku)

  • 1kg daging sapi super Rp. 56.000,-
  • 1kg daging urat Rp. 35.000,-
  • 500gr tepung maizena Rp. 3.000,-
  • Penyedap rasa  Rp. 1.500,-
  • Bawang merah Rp. 1.200,-
  • Bawang putih Rp. 400,-
  • Minyak dan buruh Rp. 7.500,-

Dari bahan baku diatas akan dihasilkan 220 buah bakso.

(bahan pelengkap)

  • 2kg mie Rp. 15.000,-
  • 1kg toge Rp. 4.000,-
  • 1kg sayur sosin Rp. 3.000,-
  • 1kg bihun Rp. 5.000,-
  • Gas Rp. 3.000,-
  • Penyedap (saos sambal, saos tomat, kecap asin, kecap manis, cuka, goreng bawang, daun seledri, garam, kaldu ayam) Rp. 10.000,-

Total : Rp. 144.600,-
(semua harga diatas telah kamu mark-up nilainya sebesar 5% guna penyesuaian terhadap beberapa bahan baku yang harganya fluktuatif)

Harga jual Rp. 5.000,-/ mangkuk (isi bakso 4 buah termasuk mie)
55 mangkuk x Rp. 5.000,- = Rp. 275.000,-

Keuntungan
Rp. 275.000 – 144.600 = Rp. 130.400,-

Kesimpulan

Bagi masyarakat Indonesia, jajanan bakso adalah salah satu jajanan yang “gak ada matinya”. Oleh sebab itu, terjun ke dalam bisnis bakso adalah salah satu alternatif bisnis yang dapat memberikan prospek ke depan yang cerah. bakso merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang mempunyai pangsa pasar yang sangat luas.Usaha bisnis bakso keliling mermaksud untuk memuaskan para konsumen yang memiliki selera yang berubah ubah. Bakso keliling memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memuaskan kebutuhannya. Bakso keliling adalah makanan cepat saji yang menyediakan berbagai macam menu Bakso,Keunggulan dari bakso keliling adalah sistem pengelolahannya yang mudah dan memudahkan konsumen untuk membeli bakso keliling ini.

D. Lampiran


About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.